CATATAN POJOK

Jumlah Stasiun Kereta Api diIndonesia ada 761 buah (per 2016) 148 diantaranya berstatus stasiun besar, baik yang masih berfungsi dan juga yang non aktif. salah satu yang unik adalah Stasiun Ambarawa difungsikan hanya untuk melayani kereta wisata saja.


Kereta produksi sebelum 1920 umumnya mempunyai tangga untuk turun ke bawah. Sedangkan kereta buatan sebelum tahun 1941 mempunyai tangga di dalam. Karena pada umumnya stasiun didirikan sebelum Perang Dunia II, maka lantai peron sama dengan lantai stasiun. Akibatnya para penumpang akan sulit turun-naik dari peron lama yang rendah, sedangkan kereta yang beroperasi kini pada umumnya dibuat setelah tahun 1965 yang berlantai dengan tangga yang tinggi.


TRAIN TOURISM

LAYANAN UNIK

Layanan Kereta Wisata

Kereta wisata Nusantara, desain interior dan segala pernak – perniknya menggambarkan seni dan keindahan dari berbagai pelosok pulau di nusantara, seolah saat kita berada di dalam kereta ini semua nuansa budaya nusantara dapat secara bersamaan kita nikmati. Kereta yang bernomor seri 67501 ini memiliki kapasitas tempat duduk eksklusif untuk 19 orang. Kamar tidur untuk 2 orang yang dilengkapi kaca rias, lampu tidur dan wastafel.

Selengkapnya disini


Layanan Kereta Kesehatan

Rail Clinic, Kereta kesehatan pertama dan satu-satunya di Indonesia sebagai salah satu program CSR KAI untuk membantu masyarakat, khususnya yang berada di daerah terpencil sehingga sulit dilalui kendaraan bermotor.

Selengkapnya disini