Makna Kemerdekaan tahun ini terilhami dengan semangat menumbuhkan kecintaan dan bangga terhadap Negeri tercinta “Indonesia”. Dengan moto BUMN Hadir untuk Negeri, perayaan 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia dilakukan secara serentak. Program dan kegiatan yang dilakukan oleh ratusan Perusahaan Milik Negara ini sesuai dengan Instruksi Menteri BUMN, Rini Soemarno untuk terus bersinergi membangun negeri.

PT PAL INDONESIA (Persero) turut bersumbangsih pada rayon 1 yang meliputi : Lamongan, Gresik dan Bangkalan pada wilayah provinsi Jawa Timur dengan mengenalkan perusahaan pada siswa-mahasiswa dari seluruh wilayah. Lima Ratus Lima Puluh siswa-mahasiswa yang mengikuti program mengenal Nusantara diatara program yang digalakkan kementerian BUMN antara lain : program sembako murah, bedah rumah veteran, bantuan penambahan fasilitas laboratorium SMK; jalan sehat dan berbagai perlombaan, serta program lainnya, termasuk pemutaran film dengan tema nasionalisme.

Lokomotif Hadir utk Negeri-bumngoid

Lokomotif Hadir utk Negeri-bumngoid
Sejalan dengan Instruksi Menteri BUMN seluruh dewan Direksi PT PAL INDONESIA(Persero) menyambut langsung para tunas bangsa di Ruang ESQ Gedung Diklat, Jumat pagi (14/08). Direktur Utama PT PAL INDOENSIA (Persero), M. Firmansyah Arifin secara langsung membuka kegiatan PAL’S OPEN DAY. Pada sambutannya, Firmansyah menuturkan rasa terima kasih dan kebanggannya terhadap ratusan tunas muda bangsa. “Kami merasa bangga dan terharu akan semangat kecintaan terhadap negeri, yang kami wujudkan pada pengenalan Industri Galangan Kapal sebagai penopang bangkitnya kemaritiman nasional. Kami berharap seluruh peserta PAL’S OPEN DAY ini dapat berkarya dan berjuang agar Indonesia menjadi Negara poros Maritim Dunia seperti nawacita pemerintahan saaat ini” lantangnya.

Tidak hanya menyerap, para peserta ini juga memahami materi tentang Potensi Industri maritime kedepan yang dipaparkan oleh Kepala Divisi Corporate Strategic Planning, Tjahyono Yudho. Selain itu, ratusan siswa-mahasiswa ini juga diajak berkeliling menyusuri bengkel dan fasilitas produksi yang dimiliki Galangan Kapal bersejarah ini. Mulai dari proses awal yaitu proses desain hingga proses produksi : bengkel kapal perang, Bengkel kapal Niaga hingga Dok Apung juga Dok Gali. “PAL sendiri sebagai salah satu BUMN strategis untuk industri perkapalan, semoga PAL semakin maju untuk mengembangkan perkapalannya, ujar “Aris mahasiswa Unmu Malang “ . Amir Mahasiswa ITS menambahkan “Kalau dari segi produksi sudah bagus dan dibanggakan untuk Indonesia, kedepan agar dikembangkan untuk pembanguna kapal yang lebih modern lagi. “Setelah mendengarkan paparan dan juga kunjungan ke desain dan produksi, maka PAL layak untuk go international” ujar Nurul Mahasiswi Trunojoyo.

sumber : bumn.go.id